Tuesday, September 6, 2016

Menyiapkan Sayuran untuk seminggu

Musim panas adalah saat sayuran melimpah dan harganya cukup terjangkau. Biasanya akhir pekan, saya memberli beberapa macam sayuran dan buah (yang mendekati musim gugur semakin murah juga harganya) di tukang sayur langganan. Lalu saya menyiangi, mencuci, merebus atau membuat asinan untuk persediaan menu sayur di kulkas, biasanya cukup untuk seminggu.


Menu yang saya buat biasanya,

1. Membuat taburan, misalnya irisan daun bawang, seledri dan daun mitsuba
2. Salad biasanya sekaligus saya buat banyak, untuk sarapan atau dikeluarkan hari berikutnya.
3. Rebusan sayur untuk pelengkap salada atau obentou, biasanya brokoli, wortel, kembang kol dll.
4. Rebusan sayur, untuk ohitashi (sayur rebus cukup disiram shoyu dan ditaburi katsuo bushi saat menyajikan), biasanya tauge, bayam, sawi hijau, na no hana, truru murasaki, atau moroheiya.
5. Asinan, yang ini macamnya bisa banyak, dari mulai lobak, sawi putih, kol, mentimun, wortel, kembang kol, paprika, dan lain-lain.

stok minggu ini: salad (lettuce, paprika, bawang bombay, tomat mini), rebus brokoli,
asinan kol dan mentimun, irisan daun bawang, dan rebus tsuru murasaki
Menyajikannya dimulai dari yang paling segar, mulai urutan 1-5. Saya tinggal menyiapkan nasi dan lauk, meski kadang sayuran nongol lagi dalam bentuk tumisan atau sayur sop/soto. Meskipun saya orang sunda, senengnya sayur mentah, tapi seminggu salad atau lalap aja bosen kan? kalau dibuat variatif bisa tetap semangat makan sayur!

Berikut beberapa foto penyajian stok sayur selama ini:

rebus bayam untuk topping udon

irisan mitsuba untuk topping sup

rebusan sayuran untuk dimasukkan ke bekal anak
Oya, untuk menyiapkan sayuran ini saya sangat mengandalkan salad spinner dan slicer. Salad spinner saya gunakan untuk mencuci, lalu blanching (mendinginkan sayuran yang baru di rebus, dimasukkan ke dalam air bercampur batu es, lalu tiriskan), simpan di dalam wadah yang dilapisi tissue dapur. Sementara slicer tentu saja untuk menyerut sayuran, biasanya yang bukan favorit keluarga. Misalnya serutan wortel mentah, lobak mentah, paprika dan bawang bombay. Tips supaya anak-anak bisa makan sayuran mentah yang diserut, taburi garam lalu remas-remas sekitar 1 menit, bilas dengan air bersih, peras dan simpan dalam wadah kering atau dialasi tisu dapur. Wadah yang kering atau dialasi tisu dapur ini penting, untuk menjaga kesegaran sayuran.

Selamat makan sayur :)


42 comments:

  1. wow... sayurannya lengkap banget mba, saya lebih suka lalaban mentah, kukus juga suka sih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama! apalagi terong mentah, sayang terong disini gak enak dimakan mentah

      Delete
  2. kobisa mahal ya mba sayuran di sana? mmm kayanya butuh juga nih slicer biar bisa iris wortel mentah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena standarnya harus organik gitu kali ya, jadi biaya mahal, harga jual mahal. Iya enak tuh praktis, karena halus diserut gitu anak-anak gak ngeh itu wortel mentah :D

      Delete
    2. Wow.keren y mbak..kalau semua standartnya organik..


      Delete
    3. mungkin karena tuntutan pasarnya juga kali ya mbak, kan tren banget tuh

      Delete
  3. Wah di jepang harga sayuran mahal ya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya iya...sekarang yang paling mahal itu, batang bawang, 2 lonjor sekitar 198 yen, atau 20 ribuan :(

      Delete
  4. Wow senang lihat menu2 sayur a la masakan Jepang. :)

    ReplyDelete
  5. :D saya nggak suka sayur. jadi kalau ke jepang, kayaknya aman ya semisal sayur mahal, xixixiiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh...tapi kayaknya apa2 mahal ah...eh tapi sebangsa udon soba ramen gitu malah murah ding

      Delete
  6. wow apik pisan mba saya syuka saya syuka :)

    ReplyDelete
  7. Wah hidup di negeri orang memang kudu telaten ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...harus sabar...menahan keinginan yang gak mungkin tersampaikan....apalagi pas ngidam...oooh siksaan banget :(

      Delete
  8. Wah, Mbak kebalikan dengan saya yang gak terlalu suka sayur. Tapi tenang, saya tetap masak sayur kok karena sadar tubuh perlu sayur. Lagipula, kasian suami kalau tidak ada sayur dalam menu makannya. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak ada yang suka ada yang gak suka, tapi kalo ngikutin yang disukanya aja, ibunya pusing belanjanya hehehe

      Delete
  9. Wuih, saya yang tinggal di beda pulau aja kadang bingung nyesuain sayur sama sayuran yg ada di deket rumah, gimana kalo di Jepang ya..
    Sukses terus Mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you, Mak! sayuran lokal ada yang berhasil jadi favorit gak?

      Delete
  10. Kupikir di Jepang sayur lbh murah krn kyknya kok melimpah, apa krn mbak di Tokyo ya? hehe
    Btw aku suka kotak bekal anaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu gak tau juga, belum pernah tinggal di kota lain selain Tokyo jadi selalu bandingin harganya dengan di Bogor hehehe.

      waaah fans Thomas juga? kotak bekal alumunium niy, katanya lebih tahan perubahan suhu, jadi bisa dipake all seasons, musim panas sampai musim dingin :)

      Delete
  11. Saluuut kreatif banget mba...
    Asinan timun nya kayanya seger banget
    Coba aku nemu tips simpen sayur ini dulu hihi

    Dulu aku belanja sayur sampe nyari yg jauhan biar dpt murah trus bawa tas belanja beroda
    Ada langganan kulakan sayur di mushashi koyama

    Thanks for sharing ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh ini aku banget! aku juga pake yang beroda itu digeret2, pas lagi hamil itu berguna banget ya. Terus kepikiran pengen yang sekaligus ada kursinya juga itu loh yang suka dipake kakek nenek belanja. Secara itu tukang sayur jauuuh dari rumah hihihi.

      Thanks for reading :)

      Delete
  12. Wuih makan sayur ala-ala Jepang
    Suka deh liat penyajiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah....ternyata masih ada yang suka penyajian simpel, maklum dah laper, alokasi buat jeprat jepret sebelom makan cuma beberapa detik :)

      Delete
  13. wahhh keren mbk, tengkiu tipsnya yak, bs ku praktekin nih, asik asik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaa...mudah2an cocok, mari banyak makan sayur :)

      Delete
  14. asinan... dijepang juga ada... makan sayur bikin badan segar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...banyaaak malah macemnya. Cuma asinan buah, asinan juhi, asinan bumbu kacang, asinan kerupuk mie mah gak ada hikksss

      Delete
  15. malam-malam gini lihat irisan mitsuba untuk topping sup, jadi lapar lagi euy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyaaa....kalo sup dan sayuran gapapa nambah makan lagi :)

      Delete
  16. Mbak, di Tokyo ternyata malah mahal ya sayuran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya bandingin ma bogor soalnya hehehe...secara di Bogor kali anget sepanjang tahun, gak usah mahal2 menanam sayur di glass house kali yaaaa

      Delete
  17. Sayurannya keliatan segar2 ya mba. Syukurlah kalau anak suka amkan sayuran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalo ke tukang sayur harus pagi-pagi biar dapet yang seger, baru diturunin dari truk. Alhamdulillah, mudah2an seterusnya, aamiin

      Delete
  18. Sesuatu yang ada jepangnya pasti langsung saya buka linknya. :D

    Anaknya makan sayur mentah saja doyan ya, mbak. Gak mudah lho, bikin anak suka makan sayur. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah suka Jepang ya, Mak? kira2 topik yang disenengin apa niy? kali aja saya bisa tulis di tulisan berikutnya hehehe

      ada yang doyan ada yang gak siy, yang doyan itu hasil dibujuk, dirayu n diancam. Mudah2an udah dewasa bisa sadar sendiri makan sayur :)

      Delete
  19. Replies
    1. karena saya suka kali ya...maklum orang sunda, gak makan sayur gak bisa ke belakang :(

      Delete
  20. ihhh ngeliat sayuran seger begitu aku lgs kebayang sambel terasi mbak :D... aku sih suka yg mentah atopun yg direbus.. lauk kyk ayam ato ikan ato daging gpp deh ga ada.. tp jgn sampe sayur dan sambel ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa. Tapi kalo nyambel yang kuat makan ibu bapake aja, sambel rantau tapi, tanpa terasi. Anak-anak belom makan pedes soalnya :)

      Delete