Saturday, May 3, 2014

Masaknya Gampang tapi Suami Senang


Masakan kesukaan suami saya adalah, steak dan ayam panggang.
Khusus ayam panggang, senengnya ayam yang bertulang, maksudnya bukan fillet ayam. Katanya daging yang dekat tulang itu lebih gurih. Sayangnya kalau mau ayam utuh, sayap ayam atau drumstick tidak selalu ada di supermarket dekat rumah. Sementara fillet ayam khususnya bagian paha, tersedia banyak dan murah.
 
Kemarin tidak sengaja ketemu daging paha ayam di supermarket. Satu pack isi 5 buah, besar-besar! langsung deh dieksekusi menggunakan resep yang ini . Sebelum dibumbui, ayam ditusuk-tusuk dengan pisau di beberapa tempat, supaya bumbu mudah meresap dan lekas matang.
 
Walaupun kesannya dipanggang tapi sebenarnya tidak. Ayam dipanaskan di wajan yang sudah diolesi minyak tipis-tipis (menggunakan kuas) sampai seluruh kulit ayam berwarna kecokelatan, tuangi bumbu marinade, tunggu sampai mendidih, kecilkan api lalu tutup dan biarkan selama 20 menit. Balik ayam lalu tutup kembali dan biarkan 10 menit, tambahkan sedikit saja air panas jika saus kurang. Untuk mengecek ayam sudah matang atau belum, tusuk bagian sendinya dengan tusuk gigi, kalau cairan yang keluar bening berarti sudah matang.
 
Sajikan dengan salad sayuran dan salad kentang atau kentang rebus, siram dengan saus yang tersisa di wajan. Saya selalu siap salad sayuran di kulkas, jadi hanya tinggal merebus kentang, terus minta bantuan si Kakak menumbuk kentang sambil menunggu ayam matang. Begitu disajikan suami langsung bilang, "waaah makan besaaaar!". Alhamdulillah.


 

tampilan kemasan paha ayam, beli di Gyomu
 

Insya Allah Halal


2 comments:

  1. Iya ya.. Ngintip resep marinadenya kayaknya gampang. Bisa pake kecap asin, madu sama cuka biasa aja kan ya.. Gw pernah pake bumbu barbeque, madu sama jeruk nipis.. Ngiler smash potatonya juga tp ga selalu stock mustard sm mayonaise di rumah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya simpel banget, kadang gue cuma lemon, garem, madu, lada hitam, minyak zaitun...udah enak. Mashed potato pake garem gula aja ok, kan ada saus ayamnya he3. Masaknya juga cuma gosongin kulit ayam, tutup terus diemin ampe mateng, gak repot manggang2 :)

      Delete