Skip to main content

Sekarang Kegiatannya Apa?

Kegiatan di rumah
Itu pertanyaan yang musti berulang2...dah males bener jawabnya...bukan karena pertanyaannya siy...tapi karena...jawabannya kan sama. Jadi walopun diulang2 jawabannya tetep sama...saya disini ibu rumah tangga...kira2 kegiatannya sama lah ama PRT di Indonesia...bedanya saya ngurusin anak sendiri dan suami sendiri hihihi...

Mungkin karena saya jawabnya asal2an gitu ya...jadinya gak ada pertanyaan susulan. Sebenernya saya dah nebak2 nih...musti pertanyaan selanjutnya adalah...kok gak kerja sih? kan kamu lulusan S2 Universitas yang bagus di Jepang?

Nah...karena saya ke-GR-an mungkin suatu saat orang bakal nanya begitu...secara gak sadar saya jadi melakukan riset kecil2an hehehe. Riset dong...wong saya dengan rajin nongkrong di depan laptop ampe tengah malem gini, menyambangi blog2 orang2 yang kira2 jalan hidupnya mirip dengan saya...pengin melihat cara pandang mereka. Ternyata...seperti dugaan saya...mirip2 lah kondisinya dengan saya. Yang berbeda adalah...keberanian mereka menaklukan ego intelektualitas!!

Baruuu aja saya nemu satu blog yang intinya, jangankan orang lain yang melihat kita hanya di permukaan, kita yang mendalami diri kita sendiri tentu sering sekali ditantang oleh ego intelektualitas kita. Saya sendiri baru sadar...istilah ego intelektualitas itu...memang yah...benar2 hanya ego saja. Intelektualitas itu sendiri kan sejatinya untuk menambah nilai pada kehidupan kita, orang lain...dari mulai orang2 sekitar kita bahkan kalo bisa seluruh ummat manusia. Ceileeeh...tumben niy saya serius hehehe. Tapi karena sudah menjadi ego akhirnya keluarlah kata2 itu...lulusan Fakultas Kedokteran kok cuma kerja bersih2? lulusan arsitektur kok cuma kerja di Mc Donald? gak cukup sampe disitu...emang gak bisa nyari2 beasiswa nerusin sekolah disitu dan jadi perawat ajah? emang gak bisa magang2 yang ada hubungannya dengan arsitektur?

Pertama, memangnya apa yang salah dengan pekerjaan bersih2? pekerjaan jadi pelayan restoran? tapi saya bukan mau bahas yang ini, dah pernah baca di mana gitu...dan yang saya baca itu OK banget analisisnya. Kedua, ini yang mau saya bahas disini, memangnya gampang ngejalanin skenario2 usulan itu?

Saya sendiri sempat terbengong2 mendengar penjelasan seorang teman saya. Beliau seorang stylist di Hongkong...yang biasa2 aja lah...terus menikah dengan seorang Jepang dan kemudian pindah ke Jepang...berharap bisa memulai usaha sekedar buka salon. Ternyataaaa....ribet banget sodara2. Sebelumnya dia harus sekolah bahasa Jepang 2 tahun, kemudian sekolah keterampilan khusus 1 atau 2 tahun. Sialnya, untuk masuk sekolah keterampilan khusus ini ada minimum jumlah tahun sekolah...dan blio kurang 1 tahun dari yang disyaratkan...sedangkan yang 2 tahun sekolah bahasa Jepang itu tidak bisa dihitung. Jadi kalau mau harus ambil 1 tahun sekolah jurusan lain...misalnya hukum. Kalo situasinya gak seperti ini...saya pasti dah ketawa...tapi nyatanya saya malah shock! apa hubungannya motong rambut ama sekolah hukum??? njelimeeeet!!! dan akhirnya...sang teman memilih pulang kampung dan meneruskan usahanya di Hongkong...tentu saja bersama pasangannya...kalo gak ,saya bakalan terlalu sedih untuk menuliskan kisahnya disini...hiks.

Mungkin itulah mengapa rata2 saya melihat orang2 Jepang yang istilahnya bekerja kasar itu begitu penuh pengabdian...dan tentunya tidak dipandang sebelah mata seperti halnya di kampung halaman. Memang saya pernah membaca, keluhan seorang anak Jepang yang orang tuanya punya usaha rumah makan. Di sekolah dia diajari bahwa orang yang bekerja itu hebat...pekerjaan apapun bagus, tapi di Rumah Makan orang tuanya....anak ini melihat kedua orang tuanya yang pekerja keras, merunduk2 dan amat bersopan santun kepada para pelanggan...yang bisa dibilang cuma pengangguran (saking kaya aja kali ortunya...jadi ada yang nyeponsorin makan2 dan minum hehehe). Kalo menurut analisis saya, bukan karena orang kaya lebih mulia daripada pemilik rumah makan, atau pelayan lebih rendah kedudukannya dari pelanggan, atau pekerja kantoran lebih mentereng daripada ibu pemilik warteg...tapi kebetulan aja sudah menjadi Hukum Pemasaran Nomor I...PEMBELI adalah RAJA. Itu saja.

Kesimpulannya? intelektualitas yang berubah jadi ego itulah yang menyebabkan kita jadi punya sebelah mata (iya...wong kerjanya memandang sebelah mata mulu siyy!). Sayangnya...meminjam kata2 penulis blog yang saya baca...ego itu bagaikan singa...semakin diberi makan semakin buas. Nah, mungkin di Indonesia ego itu sudah amat sangat buas ya....karena banyak yang ngasih makan hehehe. Itulah sebabnya orang2 yang hanya bekerja kasar...yang walopun sudah sangat bekerja keras tetapi tetap saja miskin selalu berpesan kepada anak2nya...rajinlah bersekolah supaya nanti tidak seperti Bapak, Nak. Akibatnya, alih2 bekerja keras, si anak jadi mengidolakan orang lain...yang tanpa bekerja keras bisa lebih cepat naik pangkat, naik gaji, pendeknya lebih cepat kaya. Atau anak2 yang setelah dewasa "hanya" bisa menjadi seperti ayah2nya kemudian merasa malu, berkecil hati, minder.

Jadi inget waktu saya pulang kampung, ada yang minta diajak ke Jepang...."kerja apa aja mau teh...jadi tukang sampah juga mau". Lho...kalo di Indonesia jadi tukang sampah gak mau ya?. "Gak mau lah...malu...kalo di Jepang kan gak ada yang liat inih". Duh duh...seandainya saya bisa menolong dia. Tapi apa daya...di lingkungan rumah saya konon katanya si tukang sampah itu pegawai negeri...gajinya aja mungkin lebih besar dari gaji suami saya...buktinya...mereka model rambutnya keren2...dicat segala....gak kayak suami saya...yang motongin rambutnya aja saya hehehe.....gratis siy!

___________________________________________________________________________________

Tulisan ini adalah repost, tayang pertama kali tanggal 18 Oktober 2009.

Comments

  1. dan ga digaji, qeqeqeq... eh, salah ya? (nafkah istri dan gaji istri beda ga sih?)

    btw, kalo kerja mah di mana ajalah, asal hepi. atau gapapa deh tertekan dikit, kalo dibayar guede. kalo kerjanya jadi irt, ga boleh ga hepi kali yah. kan ga bisa resign, hehehe.....

    ReplyDelete
  2. kalo make sistem okozukai malah suami yang digaji istri kan ya hehehe...
    di kisah yang saya baca itu, seorang dokter bekerja sebagai petugas kebersihan....gak pake malu...gak pake gengsi...
    kebetulan pertanyaan buat saya adalah...apa kegiatannya...jadi bukan apa pekerjaannya hehehe...wong dah jelas gak punya pekerjaan :(

    ReplyDelete
  3. pertanyaan itu jg sering bgt mampir dikuping kl pas telp atau ketemu langsung. atau di mata kl pas chating hehe

    ReplyDelete
  4. wuaah mba, ini mah pas banget dengan keadaan saya sekarang...
    saya juga sering ditanya...sekarang kegiatannya apa? sibuk apa?
    saya jawab: di rumah.,,
    ngapain di rumah?
    saya jawab: nulis..
    kebanyakan mereka bilang: masa sih dyn, kamu kan nlulusan IPB, IPK tinggi TOEFL tinggi, organisasi oke, koq kamu gak kerja sih?

    heuuuh mba...gimana sih caranya ngilangin ego intelektualitas?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Youkan atau Dodol Jepang

Homemade Mizuyoukan Saat Ibu saya mengunjungi kami di Tokyo, kegembiraan beliau yang paling terasa adalah menemukan kembali makanan masa kecil. Meskipun Tokyo adalah kota metropolitan yang canggih dan gemerlap, tapi tengoklah pojok makanan tradisional mereka. Jangan kaget jika menemukan teng teng beras, opak, kue mochi, kue semprong, rambut nenek-nenek (harum manis di-sandwich semacam kerupuk renyah), kolontong ketan, gemblong dan banyak lagi. Karena saat itu musim gugur, kesemek membanjiri supermarket, Ibu saya selalu berfoto dengan gunungan buah kesukaannya di masa kecil, yang kini jarang ditemukan di negerinya sendiri. Tapi yang paling beliau sukai adalah, youkan. Beliau menyebutnya dodol. Ada banyak sekali varian youkan, tapi yang beliau sukai adalah shio youkan. Bedanya dengan dodol, kadang ada dodol yang kering, atau dodol yang agak liat. Saya sendiri suka dengan makanan tradisional Jepang, mengingatkan pada camilan kalau mudik ke Tasik saat lebaran. Masalahnya, rata-rata b

Menyurangi Resep Ebi Furai

Salah satu makanan favorit keluarga adalah furai atau gorengan, terutama ebi furai. Biasanya kalau saya membuat stok makanan beku saya sekaligus membuat ebi furai , chicken nugget dan hamburg/burger patties . Cuma belakangan si Aa udah mulai jarang tidur siang, jadi sudah tidak bisa lama-lama mencuri waktu membuat stok makanan lagi.

Rindu Menjahit

Belakangan ini rindu sekali belajar menjahit lagi, sayang sekali masih belum ketemu waktu yang pas. Kakak masih pulang cepat dari TK, adik juga masih harus selalu ditemenin main. Tapi karena sudah tidak tahan saya nekat memotong kain untuk membuat gaun. Sayang sekali belum selesai juga, Insya Allah nanti diapdet kalau sudah selesai. Sementara menanti momen yang pas, saya ubek-ubek lagi foto jadul pertama kali kena menjahit. Membuat perlengkapan sekolah kakak dan beberapa dress dari kain sarung bantal untuk latihan.     Melihat foto-foto ini jadi semakin ingin belajar menjahit....hikkksss.     Tas bekal, luncheon mat, dan cuttlery wallet tas jinjing sekolah TK untuk membawa buku cerita baju karung dari kain spanduk versi ikat pinggang (baseball punya suami hi3) baju karung dari kain spanduk dress anak dari bahan sarung bantal dress wanita, belajar menjahit rempel (gak tau istilah teknisnya)