Monday, August 31, 2015

Teach Your Child to Read in 100 Easy Lessons-selesai

Hari ini hari terakhir liburan musim panas, besok sudah mulai sekolah seperti biasa. Alhamdulillah di liburan musim panas ini Kakak akhirnya menamatkan Iqra dan mulai Juz Amma, juga menamatkan Teach Your Child to Read in 100 Easy Lessons  dan mulai menginjak bacaan Reading Literature dari Baldwin Project (iyaaaaaa gratisan).

Buku pegangan yang sudah lecek

Mulai menggunakan reading literature
Perjuangan berat selama 1 tahun lebih sejak Mendadak Calistung , menyisihkan waktu 10 menit sebelum berangkat sekolah untuk belajar Iqra dan 100 lessons. Kenapa cuma 10 menit? karena lebih dari itu anaknya udah gak konsen, padahal untuk mengkondisikannya duduk manis perlu 1 jam lebih. Kenapa sebelum berangkat sekolah? sekalian sebagai pemanasan karena di sekolah lebih berat lagi, harus duduk manis untuk setiap jam pelajaran (45 menit!).

Rasanya lega bisa menyelesaikan pelajaran membaca Al Quran dan Bahasa Inggris, tapi tugas besar menanti saya dan Kakak. Karena meskipun Kakak bisa membaca tapi tidak tahu artinya maupun tata bahasanya. Belum lagi saya juga berencana untuk memulai pelajaran Bahasa Indonesia yang bahan-bahannya sudah lengkap (tapi keburu bulukan!)

Saya senang sekali menemukan buku pegangan bahasa Inggris ini, benar-benar menuntun anak sedikit demi sedikit untuk membaca, tidak terburu-buru dan tidak menuntut kreatifitas guru karena cara mengajar sudah tertulis dengan jelas, tinggal mengikuti,

Berikut foto-foto lesson unitnya:

Lesson 1 masih perkenalan alphabet

mulai membaca kata demi kata

mulai membaca satu kalimat

Tampilan bacaan berparagraf di lesson 100
Mudah-mudahan ke depannya bisa konsisten meskipun memakan waktu lama, apalagi harus mulai memikirkan Aa Taqwa yang tahun depan mulai masuk TK.

2 comments:

  1. Assalamualaikum, salam kenal mba :)

    Inilah sosok ibu yg pinter, serba bisa. Bayangkan hrs menguasai : B Indonesia, Bhs Inggris, Bhs Jepang, Iqra, Juz Amma, Al Quran,..
    salute, no more desperate lah yaow hahaha... enjoy n semangaaat.

    Itu baru 1 sisi bahasa, blm lagi kuliner Jepang, sushi, dorayaki...dll.

    Asyik deh kenal dg mba, bgmn sdg musim apa skr d sana?
    Terimakasih artikelnya sgt menarik. Saling follow blog yuk .. arigato !

    ReplyDelete
  2. To help make learning to read fun and engaging, our reading program includes lesson stories that are matched to the progress of your child's reading abilities.

    These lessons stories are part of the learning program, and comes with colorful illustrations to make learning reading fun and engaging for you and your child.

    These are the exact same stories and step-by-step lessons that we used to teach our own children to read!

    Find out here: Teach Your Child To Read?

    Best rgs

    ReplyDelete