Thursday, January 29, 2015

Menyurangi Resep Ebi Furai

Salah satu makanan favorit keluarga adalah furai atau gorengan, terutama ebi furai. Biasanya kalau saya membuat stok makanan beku saya sekaligus membuat ebi furai, chicken nugget dan hamburg/burger patties. Cuma belakangan si Aa udah mulai jarang tidur siang, jadi sudah tidak bisa lama-lama mencuri waktu membuat stok makanan lagi.


Ebi Furai siap dibekukan
Kemarin saya cuma sempat membuat ebi furai, itupun untuk langsung digoreng. Masalahnya resep koromo atau balutan ebi furai itu menggunakan tepung terigu, telur yang dikocok lepas, lalu tepung panko atau roti toast yang dihancurkan. Nah, biasanya campuran balutan itu tersisa dan saya jadikan adonan hamburg. Tapi karena cuma membuat ebi furai, sayang kalau sisa-sisa balutan terbuang. Akhirnya saya mengganti telur kocok dengan terigu dan MAYONES! dicampur air sedikit biar kental. Terigu untuk balutan pertama terakhir dimasukkan juga ke campuran mayones, dan tepung panko yang digunakanpun berusaha pas tak bersisa. Setelah selesai, saya masukkan sebentar ke dalam freezer sebelum digoreng. Jadilah ebi furai mayones, yang suami saya pun tidak ngeh kalau telur diganti mayones, karena balutannya tetap kriuk, tetap tebal, dan tidak terlalu menonjol rasa mayonesnya.

Berikut resep ebi furai (yang sudah dicurangi, haha!)

Ebi Furai Set Menu

Bahan:

  1. 12 buah udang beku ukuran sedang, kupas tapi sisakan bagian ekornya, buang serat punggungnya, kerat bagian perutnya di 3 tempat supaya udang tidang bongkok.
  2. Bahan balutan A tepung terigu, B tepung terigu dicampur mayones dan air sedikit (kondisi kental), lalu C tepung panko atau remah toast secukupnya




Cara membuat:
Pembuatan balutan Ebi Furai

  1. Udang ditaburi garam dan sedikit tepung maizena, aduk rata lalu cuci bersih dan keringkan dengan tissue dapur. Gunanya supaya udang kenyal dan gurih.
  2. Gulingkan udang ke bahan balutan sesuai urutan A B C.
  3. Simpan dalam freezer minimal 10 menit
  4. Goreng ebi furai menggunakan minyak banyak, suhu 160 derajat hingga kekuningan.
  5. Sajikan dengan salad coleslaw (parutan kol dengan dressing mayones dan sari jeruk lemon), irisan tomat, brokoli rebus, irisan alpukat atau salad favorit. Ebi furai sedap disantap begitu saja atau dicelup saus inggris.

TIPS Penting : Jangan biarkan ebi furai menunggu, begitu matang dan minyaknya tiris sebaiknya langsung dihidangkan. Lebih baik yang mau makan yang menunggu ebi furai-nya matang dong ah!


Adek yang gembul, "enyaakkk, Buuuu!"

Cuma tersisa satu buah untuk bekal Kakak sekolah

No comments:

Post a Comment