Sunday, August 3, 2014

Kemewahan itu adalah.....

 

Bangun pagi mencium wangi roti yang baru selesai dipanggang! tapi itu kemewahan versi keluarga saya. Kemewahan yang sangat terjangkau.

 

Roti tawar buatan sendiri, bagian luarnya crispy,
bagian dalamnya empuuuk dan masih hangat!
Mungkin dengan menginap di hotel atau pension yang menyajikan roti homemade adalah kemewahan yang sesungguhnya. Memanggang roti di rumah juga mungkin lebih menyulitkan buat orang lain.


Bahkan ada teman saya yang bilang, malas baking karena takut belepotan tepung!

HB kesanyangan, plus bread cutter yang sekaligus
jadi tempat menyimpan roti di sebelahnya
Lucu juga pertama kali mendengarnya, seakan-akan kalau baking di dapur itu sekalian mandi tepung. Dulu saat pertama nekat baking, saya berkutat di dapur kecil tanpa counter. Jadi kalau membuat adonan harus di ruang tamu, itupun menggunakan meja kotatsu, meja rendah ala Jepang, menguleni adonan sambil bersimpuh haha! Tapi tetep gak pake mandi tepung dong ah!

Sekarang saya tidak menguleni adonan lagi, karena menggunakan Home Bakery merek abal-abal yang saya beli murah meriah, cukup 5000 yen atau sekitar 500 ribuan rupiah. Saya tinggal mengukur bahan-bahan yang diperlukan, paling sederhana adalah roti perancis, cukup tepung terigu, garam, air dan ragi roti.


Timbangan, mangkuk untuk menimbang roti,
gelas dan sendok ukur, skeper untuk memotong adonan,
plus sekop tepung
Tepung terigu, alat-alat ukur termasuk timbangannya saya simpan di sebuah kotak tembus pandang. Setiap akan membuat roti tinggal mengeluarkan kotak, menimbang, memasukkan bahan ke dalam HB, menyetel timer, lalu saya tinggal tidur. Pagi-pagi, roti sudah matang, tinggal dipotong dan disajikan. Simpel tapi merupakan kemewahan yang sangat saya sukuri.

Semua dimasukkan ke dalam kotak disimpan
di lemari dapur, tinggal dikeluarkan kalau mau buat roti
 Kotak peralatan dan bahan yang tersimpan di lemari, di rak paling bawah yang dengan mudah bisa dikeluarkan dan dimasukkan kembali, bahkan oleh Kakak dan suami saya yang juga bisa membuat roti sendiri saking gampangnya!


3 comments:

  1. Ummm wanginya sampe ke sini! :)

    ReplyDelete
  2. kapan yak....masak bareng gitu din :(

    ReplyDelete
  3. Di sini ada gak yach... Home bakery kyak gitu... Pengen juga... Watt nya tinggi gak yach??.?

    ReplyDelete