Wednesday, April 16, 2014

Belajar dari buku cerita


 Kadang suka ikut tercerahkan ketika membacakan buku cerita ke anak-anak. Misalnya, membacakan buku berjudul "My Friends" karangan Gomi Taro. Saya jadi ngeh, bahwa kita pergi ke sekolah bukan untuk belajar segala macam ilmu dari Bapak dan Ibu Guru, melainkan bagaimana cara mempelajari suatu ilmu. Kan Bapak dan Ibu Guru bukan fisikawan, matematikawan, ahli biologi, seniman, apalagi atlit! Juga teman-teman di sekolah, mereka yang mengajari cara menikmati berbagai permainan. Mengingatkan diri sendiri tentang harapan sewajarnya kepada institusi sekolah.



 
Lalu buku berjudul "Di atas tanah, di bawah tanah" yang menceritakan bagaimana tumbuhan mempunyai daun yang rindang untuk menyerap sinar matahari, dan akar yang menghunjam ke tanah untuk menyerap nutrisi dari dalam tanah. Di akhir buku dijelaskan kita tidak dapat mengambil manfaat dari sinar matahari dan nutrisi dari dalam tanah secara langsung, makanya kita perlu mengkonsumsi sayur mayur atau binatang pemakan tumbuhan. Teringat mengapa kita tidak makan binatang buas pemakan daging. Melalui buku sederhana, jadi bisa menjelaskan dengan sederhana mengapa kita harus makan sayur. Meskipun kebingungan juga ketika si Kakak bertanya, "memangnya babi makan apa, Bu?".
 
 
 
Ah, masih harus banyak belajar.....

2 comments:

  1. Karena kelemotan gw, beberapa kali memang lebih mudeng baca buku anak" ya.. Seperti tempo hari Gw baca komik ttg sejarah perang dunia :p

    ReplyDelete
  2. sama, gue beli buku sejarah dunia Oxford world history for children ;p

    ReplyDelete