Wednesday, December 26, 2012

Membaca untuk bertani

Raika tidak suka membaca. Yah maklum ibu bapaknya juga gak gitu suka baca. Lucunya kalo kamishibai 紙芝居, buku cerita yang bentuknya lembaran2 terpisah, bagian depannya gambar yang diperlihatkan kepada pembaca dan bagian belakangnya teks cerita, dibacakan Bu Guru setiap hari di sekolah dia suka banget! bahkan sering pura2 jadi ibu guru dan membacakan cerita pake kartu2 pos iklan (biasa banget di Jepang segala iklan dibikin kartu pos dan dimasukin ke kotak pos setiap rumah), tentu saja ceritanya ngarang sendiri he3. Belakangan kalo ke perpustakaan dia sering membaca kamishibai sendiri (mamanya disuruh jadi pendengar he3). Sayang kamishibai biasanya ceritanya klasik dan bertendens, agak2 langka jadi gak bisa dipinjem untuk dibawa pulang. Cukup baca di tempat.

Sebenernya pengen banget bikinin cerita dan dibuat kamishibai buat Raika, tapi apadaya kurang kemampuan grafis plus kurang kreatif juga he3. Jadinya balik2 lagi nyari sumber di internet. Kebetulan nemu kamishibai yang buatan orang kebanyakan, khusus dilombakan dalam rangka mempromosikan produk pertanian. Kebetulan yang lebih besar lagi buat saya dan suami yang bercita2 Raika punya minat akan pertanian, agribisnis atau kuliner he3. Haduh....retro banget ya kami...orang2 anak2nya dikursusin robotik atau programming komputer or apalah yang high-tech (jaman android gitu lho!)...ini anak malah ditarik2 mo disuruh bertani he3.

Nah ini dia link ke kamishibai yang bisa dicetak gratis, bertema makanan dan pertanian...silakan kalo berminat. Mohon maaf kalo sudah tau he3. Plus kalo ada yang tau link2 yang lain, mohon di-share yaaa...

http://www.ienohikari.net/bunka/kamishibai/

No comments:

Post a Comment