Sunday, December 9, 2012

Angel cake 25 cm


baked
 
Prebake
Udah lama pengen nyoba bikin angel cake, tapi karena cetakannya guwedde banget agak2 ngeri takut gak bisa ngabisin. Cari2 resep untuk ukuran cetakan 25 cm kok serem2 yah, rata2 butuh 12 putih telur. Lihat2 resep cookpad ketemu yang sederhana dan irit dengan hanya 3 putih telur tapi untuk ukuran cetakan 18 cm. Terus browsing sana sini soal konversi ukuran cetakan, akhirnya dengan matematika sederhana ketemulah hitungan bahwa saya harus buat resep 2 kali lipat. Pas banget di freezer punya 6 putih telur beku sisa buat macem2. Resep aslinya dari sini.
 
Resepnya saya tulis lagi untuk ukuran loyang 25 cm:
 
Bahan:
 
6 putih telur
120 gram gula pasir
120 gram tepung terigu diayak bersama 2 sdt baking powder
70 ml minyak sayur
50 ml juice lemon (saya pake satu lemon plus parutan kulitnya)
 
Cara Membuat:
 
1. Kocok putih telur, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan tinggi sampai putih telurnya kaku.
2. Tuang minyak sayur kedalam cetakan lalu ratakan ke seluruh permukaannya, baru masukkan ke dalam kocokan putih telur. Aduk dengan spatula.
3. Tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak. Aduk dengan spatula.
4. Tambahkan juice lemon dan parutan kulitnya. Aduk dengan spatula.
5. Tuang kedalam cetakan, ratakan permukaannya.
6. Panggang dengan suhu 180 derajat selama kurang lebih 30 menit.
 
 
Cakenya benar2 putih bersih, lembut, beraroma lemon dan tidak terlalu manis sampe2 saya taburi gula tepung. Raika ternyata gak suka karena mungkin gak berasa kayak cake, tapi suami saya suka banget! bener2 lembut dan wangi! Oia katanya cake ini disebut angel cake karena penampakannya seperti halo di atas malaikat...bulat dan bersinar putih bersih. hmm...terus malaikat itu emang wangi lemon ya? ;p
 




No comments:

Post a Comment