Skip to main content

Menaklukan Tart/Pie terbuka

Bagian terparah dari baking phobia saya adalah Pie dan Tart. Pertama karena buat crustnya itu macem2 banget metodenya, ada yang pake food processor, ada yang menteganya dipotong2 kecil terus dibekuin dan diadon pake tangan dengan cara dipencet/dicubit, plus ada yang menteganya diaduk bersama gula seperti membuat biskuit.
Kedua aturan memanggangnya gak konsisten, ada resep yang pake acara dipanggang crustnya dulu baru dipanggang lagi berikut isi...ada yang langsung dipanggang berikut isi. Membingungkan!
Ketiga, yang bikin stress juga karena adonan banyak pake mentega (mahal bowww), jadi harus dikerjakan cepet2 supaya mentega gak leleh n mengakibatkan hasil akhir gak ngembang plus gak garing kriuk kriuk.
Keempat,  pas memasang crust di cetakan selalu aja robek2 ampe diulang berkali2.
Terakhir, karena microwave saya gak bisa pake cetakan logam jadinya gak bisa make cetakan bongkar pasang, akibatnya pas udah mateng ngeluarin dari cetakan juga jadi perjuangan tersendiri.
Untuk problem terakhir ketemu juga pemecahannya. Saya pake cetakan guratan dari keramik beli di daiso (harga 100 yen tentu saja he3), ukuran hampir 18 cm. Olesi minyak sayur (pake kuas biar rata), terus pasang pita2 dari kertas roti sampai menggantung ke sisi cetakan, disusun seperti tanda silang atau asteriks *. Olesi bagian tengah pita tadi dengan minyak juga...biar nempel. Baru alasi bagian dasar cetakan dengan kertas roti juga (bagian dindingnya gak usah). Nah pas ngeluarinnya gampang, setelah pie/tart-nya dingin angkat deh ujung2 pita kertas...pindahin ke cooler rack (lagi2 pake produk 100yen...kali ini dari CanDo). Oh ya...jangan sekali2 ngutak ngutik pie/tart yang masih panas...soalnya masih lembek adonan crust-nya...bisa hancur!
Berikut resep2 n tips yang saya biasa pake, karena udah puas dengan resep2 ini jadi untuk sementara kalo bikin pie/tart ya ini aja dulu he3. Terakhir bikin tart buah pear kalengan...puas banget walopun tentu saja gak bisa dibandingin dengan tart bikinan yang udah pro he3.

Resep crust-nya pake dari sini, gampang banget cuma mentega 60 gr (atau margarine 50 gr) plus gula 40 gr yang diaduk ampe kayak mayonese, tambah kuning telur 1 buah (biasanya sisa bikin chiffon cake), kalo mau tambahin vanilla oil/essence (saya punya banyak banget dibeliin suami di Dubai hi3), terus tepung terigu yang sudah diayak 140 gr (lebih sip kalo 20 gr nya diganti almond powder!). Jadiin gumpalan gitu, bungkus plastik n simpen di kulkas minimal 3 jam (or bekuin buat dibikin kapan2 kalo sempet). Tinggal ditipisin deeeeh!
Kalo buat fruit tart dari buah yang fresh saya lebih suka pake custard cream. Tapi kalo buah kalengan senengnya pake almond cream pake resep ini. Cukup 50 gr margarine/butter dikocok dengan 50 gr gula pasir, tambahkan telur ayam 1 butir yang sudah dikocok lepas...masukinnya sedikit sedikit aja biar gak mencar adonannya...terakhir masukin almond powder 50 gr juga...pelan2 ya biar gak terbang kemana2 (kalo ngocoknya pake electric mixer).
Terakhir, karena cetakan pie/tart nya sederhana banget jadi perlu didekorasi dikit tepiannya. Saya pake tips dari sini.
Untuk urusan pemanggangan, hasil dari trial n error, saya menemukan cara yang pas adalah dengan memanggang crust-nya dulu setengah mateng (sekitar 10 menit), keluarin dulu terus diolesi kocokan telur sedikiiit aja (ambil aja dari jatah almond cream tadi hi3). Panggang lagi sekitar 5-10 menit. Tujuannya supaya crust dan isi pie/tart gak nyampur n bikin bagian bawah pie/tart jadi basah or gak kriuk2 lagi. Selama memanggang bagian tepiannya ditutup alumunium foil biar gak cepet gosong, sekitar 10 menit terakhir baru deh dibuka alumunium foilnya. Tadaaa!....jadi deh tart bikinan sendiri!!
Mudah2an link2nya gak ilang deh supaya kapan aja saya bisa intip2, tapi resepnya kayaknya mudah diingat semua siy ya...mudah2an gak lupa2 lagi

Comments

  1. cantiiik hasilnya^_^ pasti rasanya uenaak banget.
    kebalikan sama teh nyai, saya paling suka bikin pie:) soalnya lebih suka pie-pie an dari pada kue yang pake cream-creaman

    ReplyDelete
  2. makasih sensei...kayaknya kalo pie n tart itu gak bisa trial n error kayak kue2 or roti2 lain ya...makanya bercita2 untuk les langsung ke Melia someday (pas raika dah sekolah kali ya he3 jadi bebas seharian). Saya ge gak suka cream2an...suami juga sama...tapi Raika sukaaa whipped cream or ice cream. Sekarang kalo bikin kue pasti chiffon cake plus whipped cream or ice cream (ooooi melaaaar!). Sisa kuning telor ini jadilah crust untuk pienya :)

    ReplyDelete
  3. saya suka makannya *penggemar roti dan pastry ^_^*

    ReplyDelete
  4. wah kalo gitu rugi Bu Irma...roti dan pastry itu kan bikinnya seharian makannya kurang dari 30 menit kali ya...nikmatnya kurang lama tuh hi3

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Youkan atau Dodol Jepang

Homemade Mizuyoukan Saat Ibu saya mengunjungi kami di Tokyo, kegembiraan beliau yang paling terasa adalah menemukan kembali makanan masa kecil. Meskipun Tokyo adalah kota metropolitan yang canggih dan gemerlap, tapi tengoklah pojok makanan tradisional mereka. Jangan kaget jika menemukan teng teng beras, opak, kue mochi, kue semprong, rambut nenek-nenek (harum manis di-sandwich semacam kerupuk renyah), kolontong ketan, gemblong dan banyak lagi. Karena saat itu musim gugur, kesemek membanjiri supermarket, Ibu saya selalu berfoto dengan gunungan buah kesukaannya di masa kecil, yang kini jarang ditemukan di negerinya sendiri. Tapi yang paling beliau sukai adalah, youkan. Beliau menyebutnya dodol. Ada banyak sekali varian youkan, tapi yang beliau sukai adalah shio youkan. Bedanya dengan dodol, kadang ada dodol yang kering, atau dodol yang agak liat. Saya sendiri suka dengan makanan tradisional Jepang, mengingatkan pada camilan kalau mudik ke Tasik saat lebaran. Masalahnya, rata-rata b

Menyurangi Resep Ebi Furai

Salah satu makanan favorit keluarga adalah furai atau gorengan, terutama ebi furai. Biasanya kalau saya membuat stok makanan beku saya sekaligus membuat ebi furai , chicken nugget dan hamburg/burger patties . Cuma belakangan si Aa udah mulai jarang tidur siang, jadi sudah tidak bisa lama-lama mencuri waktu membuat stok makanan lagi.

Cerita Kelahiran Raika

Alhamdulillah....akhirnya saya menjadi ibu juga. Si neng lahir hari Jumat 5 Desember 2008, Berat Lahir 3.512kg Panjang Badan 51 cm, dan kami namai RAIKA 来香 . Sayang sekali proses kelahirannya tidak mendapatkan liputan yang layak